Prosedur Bank Sperma, Bank ASI dan Operasi Ganti Kelamin

Selasa, 27 Juli 2010


Jakarta, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah memfatwa haram donor sperma dan bank sperma, serta operasi mengganti alat kelamin yang dilakukan dengan sengaja. Sementara, bank air susu ibu (ASI) diperbolehkan. Seperti apa proses bank sperma, bank ASI dan operasi ganti kelamin?Seperti layaknya bank yang mengatur dan menyediakan stok uang, bank sperma atau disebut juga dengan cryobank merupakan tempat penyimpanan dan pembekuan sperma manusia yang berasal dari donor sperma (penyumbang sperma).

Sperma yang disimpan di bank sperma biasanya digunakan untuk tujuan mendapatkan kehamilan melalui reproduksi pihak ketiga (bukan sperma pasangan sendiri) dengan cara inseminasi bayi tabung.

Donor sperma biasanya dipakai oleh perempuan yang ingin memiliki anak tapi pasangannya mandul atau pasangan yang kemungkinan tidak bisa melahirkan anak sehat karena memiliki kelainan genetik atau penyakit menular (misalnya AIDS).

Donor sperma juga memungkinkan seorang wanita memiliki anak meskipun ia tidak memiliki pasangan bahkan pasangan lesbi atau sesama jenis pun terkadang menggunakan jasa ini.

Di beberapa negara maju dan China, bank sperma sudah banyak beroperasi. Bahkan sebuah situs BeautifulPeople.com, yang didirikan sejak tahun 2002, telah menyediakan sperma dan sel telur yang bisa dipesan oleh siapapun yang mendambakan anak setampan Brad Pitt atau secantik Angelina Jolie.

Tapi tidak sembarang pria boleh menjadi donor sperma. Setiap pendonor harus lulus uji kesehatan untuk mendeteksi adanya penyakit, seperti hepatitis, kanker, kesehatan jiwa, TBC, diabetes hingga HIV/AIDS.

Sperma yang didonorkan akan disimpan dalam tabung pendingin berisi nitrogen cair dengan suhu 196 derajat celcius. Umumnya, sperma tersebut dapat disimpan selama lima tahun.

Identitas si pendonor hanya diketahui oleh bank sperma. Perempuan yang mendapat donor sperma ada yang ingin mengetahuinya identitas si pendonor tapi banyak juga yang tidak ingin mengetahuinya (donor sperma anonim)

Dilansir dari spermbankdirectory.com, Rabu (28/7/2010), sebagian besar bank sperma mencari pria dengan kualitikasi sebagai berikut:

1. Usia antara 18-44 tahun
2. Bukan merupakan individu yang diadopsi
3. Sehat, yaitu tidak ada penyakit atau gangguan kesehatan lainnya
4. Tidak ada riwayat keluarga penyakit genetik
5. Kemampuan dan kemauan untuk menghasilkan spesimen 4-8 kali per bulan di laboratorium
6. Kemampuan dan kemauan untuk membuat komitmen sebagai donor sperma minimum 6 bulan


Setiap bank sperma bervariasi dalam membayar setiap spesimen yang diberikan pendonor sperma. Biasanya dalam rentang 35-50 dolar per spesimen atau setara dengan Rp 315.000-450.000.

Bank ASI

Bank ASI merupakan tempat penyimpanan dan penyalur ASI dari donor ASI yang kemudian akan diberikan kepada ibu-ibu yang tidak bisa memberikan ASI sendiri ke bayinya.

Ibu yang sehat dan memiliki kelebihan produksi ASI bisa menjadi pendonor ASI. ASI biasanya disimpan di dalam plastik atau wadah, yang didinginkan dalam lemari es agar tidak tercemar oleh bakteri.

Kesulitan para ibu memberikan ASI untuk anaknya menjadi salah satu pertimbangan mengapa bank ASI perlu didirikan, terutama di saat krisis seperti pada saat bencana yang sering membuat ibu-ibu menyusui stres dan tidak bisa memberikan ASI pada anaknya.

Selain itu, bank ASI juga diharapkan dapat mengurangi serbuan susu formula yang saat ini banyak sekali diiklankan oleh produsen susu untuk bayi di bawah 2 tahun. Karena bagaimanapun, ASI tetaplah makanan terbaik untuk bayi.

Semua ibu donor diskrining dengan hati-hati. Ibu donor harus memenuhi syarat, yaitu non-perokok, tidak minum obat dan alkohol, dalam kesehatan yang baik dan memiliki kelebihan ASI.

Selain itu, ibu donor harus memiliki tes darah negatif untuk Hepatitis B dan C, HIV 1 dan 2, serta HTLV 1 dan 2, memiliki kekebalan terhadap rubella dan sifilis negatif. Juga tidak memiliki riwayat penyakit TBC aktif, herpes atau kondisi kesehatan kronis lain seperti multiple sclerosis atau riwayat kanker.

Berapa lama ASI dapat bertahan sesuai dengan suhu ruangannya:

1. Suhu 19-25 derajat celsius ASI dapat tahan 4-8 jam.
2. Suhu 0-4 derajat celsius ASI tahan 1-2 hari
3. Suhu dalam freezer khusus bisa tahan 3-4 bulan.


Operasi Ganti Kelamin

Operasi pergantian kelamin adalah istilah untuk prosedur perubahan fisik dan fungsi seksual seseorang. Operasi ini meliputi rekonstruksi genital.

Biasanya operasi pergantian kelamin hanya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki gangguan jenis kelamin, seperti memiliki kelamin ganda (ambigous genitalia) yang membuat beberapa anak-anak terlahir dengan kelamin yang tidak sempurna.

Tapi ada juga sebagian orang yang ingin berganti kelamin dengan kesadaran sendiri alias transeksual. Orang trans seksual adalah bentuk gangguan identitas jenis kelamin (dysphoria gender), yakni ketika seseorang yang memiliki anatomi seks normal tetapi ingin berganti jenis kelamin berlawanan dengan jenis kelamin ketika dilahirkan.

Operasi ganti kelamin yang dilakukan pada wanita dilakukan dengan konstruksi bedah vagina dan pada pria konstruksi penis (metoidioplasty). Ada pula prosedur medis tambahan yang diperlukan seperti orchiectomy (pengangkatan testis) atau vaginectomy (pengangkatan sebagian atau keseluruhan vagina).

Ada juga pembedahan non-genital seperti mastektomi (pengangkatan payudara wanita) dan rekonstruksi dada (pembentukan kontur dada laki-laki) atau histerektomi (operasi pengangkatan kandungan, rahim dan uterus) dan salpingo-ooforektomi bilateral (operasi pengangkatan tuba fallopi dan ovarium).(mer/ir) DetikHealth

 
 
 

FAVORIT

SOROT

Bagaimana Mendapatkan Penghasilan? Ada dua cara mendapatkan penghasilan di Oriflame: # Keuntungan Langsung 30 persen dari jumlah yang Anda bayarkan pada Oriflame # Penghasilan tak terbatas dengan mengajak orang lain untuk merekomendasikan produk Oriflame.Contoh: Anda memiliki 10 pelanggan perbulan, dimana setiap orang membeli 4 produk senilai Rp. 29.900,-. Anda mendapatkan dari pelanggan Rp. 1.196.000,- Anda membayar ke Oriflame Rp. 920.000,- Anda mendapat keuntungan Rp. 276.000,- Contoh: Anda memiliki 10 pelanggan perbulan, dimana setiap orang membeli 4 produk senilai Rp. 29.900,-. Anda mendapatkan dari pelanggan Rp. 1.196.000,- Anda membayar ke Oriflame Rp. 920.000,- Anda mendapat keuntungan Rp. 276.000,- Mengajak orang merekomendasikan produk Oriflame Sebarkan pengalaman menarik Anda dalam menjual produk-produk Oriflame dan ajak orang lain untuk merekomendasikan produk Oriflame dan bangunlah tim Consultant Anda sendiri. Anda dapat memperoleh hingga 21 persen dari penjualan mereka yang bergabung dalam tim Anda. Sebagai tambahan Anda pun dapat memperoleh penghasilan dari penjualan orang yang mereka ajak merekomendasikan produk Oriflame. Info lebih lanjut: fidy 0812-9179275 Agus 021-94311229